Laman

Selasa, 28 April 2015

Virus Ebola

Virus Ebola


Pengertian Virus Ebola adalah salah satu virus yang berasal dari gen Ebolavirus serta termasuk kedalam famili dari Filoviridae. Virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976. Berdasarkan data berita dari WHO PBB lebih dari 1600 oeang penduduk di negara Liberia, Guinea dan juga Sierra Leone telah terinfeksi wabah ini. Lebih dari setengah para penderita penyakit ebola ini meninggal dan sangat kecil kesempatan untuk sembuh.

Pengertian Virus Ebola serta Ciri-ciri Virus Ebola

Pengertian Virus Ebola. Virus Ebola ini memiliki 4 tipe virus akan tetapi ada 3 tipe yang dapat menyerang manusia, antara lain adalah ebola Zaire, Ivory Coast dan Sudan. Sementara 1 tipe lainnya hanya menular ke primata yaitu Ebola Reston. Ciri-ciri dan bentuk ebola secara mikroskopis dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Pengertian Virus Ebola
Virus Ebola Mikroskopis

Pengertian Virus Ebola, Penyebab dan Penularannya

Banyak sekali proses penularan virus ebola sehingga dapat menyebabkan korban sangat mudah untuk terinfeksinya, antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Virus Ebola dapat tertular jika adanya kontak fisik baik bersentuhan dengan cairan tubuh penderita ataupun dengan keringat dan liur
  2. Memakan makanan yang sudah disentuh oleh penderita ebola

Gejala Penderita Virus Ebola
Pengertian Virus Ebola serta Gejala awal yang sering diderita jika terinfeksi virus ebola adalah pusing, nyeri, demam. Selanjutnya muncul ruam-ruam ditubuh korban lalu diikuti dengan diare dan muntah seperti biasa. Proses ini terjadi selama 8 sampai 10 hari. Fase kritis selanjutnya adalah separuh penderita mengalami kencing darah dan muntah darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar