Laman

Selasa, 28 April 2015

Alergi Makanan Laut

Alergi Makanan Laut

Alergi Makanan Laut

Alergi Makanan Laut terjadi ketika sistem kekebalan tubuh memicu respon abnormal terhadap jenis makanan tertentuTubuh manusia secara umum mengembangkan tingkat tinggi toleransi terhadap makanan untuk bertahan hidupKadang-kadang keberadaanantigen dalam komponen makanan dapat menyebabkan ancaman bagi kesehatan seseorang dan itu adalah ketika sistem kekebalan tubuh mulai bereaksi untukmenghancurkan zat-zat berbahaya dan dengan demikian menyebabkan reaksi alergi.

Alergi Makanan Laut dapat terjadi dalam intensitas yang berbeda mulai dari reaksi ringanbagi mereka yang bahkan dapat mengancam kehidupanSeharusnya tidak bingung denganintoleransi makananAlergi Makanan Laut juga dapat disebut sebagai hipersensitivitasmakanan karena disebabkan ketika sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi makanan tertelan sebagai berbahaya bagi tubuh dan dengan demikian memicu off reaksi alergi.


Penyebab Alergi Makanan Laut

Pekerjaan sistem kekebalan tubuh adalah untuk menciptakan antibodi makanan khusus untuk melindungi tubuhAntibodi ini sebenarnya protein yang melawan antigen berbahaya dan mencoba untuk menghancurkan mereka atau mengurangi efektivitas merekaAlergenadalah makanan yang memicu reaksi berbahayaSetiap kali alergen tertentu ini dicernaoleh orang yang sensitif terhadap itusistem kekebalan tubuh pembuangan sejumlah besar bahan kimia dan antihistamin untuk melindungi tubuh terhadap alergenReaksi alergiyang dihasilkan dapat mempengaruhi saluran pencernaansaluran pernapasankulit dankadang-kadang bahkan sistem kardiovaskular.

Immunoglobulin E (IgE) antibodi yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh sebagaipertahanan terhadap alergen tertelanIni dibuat ketika orang itu pertama kali terkenaalergen dan antibodi ini menempel pada sel-sel tertentu dalam jaringan dalam tubuh,terutama di daerah seperti saluran pencernaanparu-paruhidungtenggorokan dan kulit.Lain kali orang makan makanan dengan alergen tertentu reaksi terjadi sebagai tubuh melepaskan histamines dan bahan kimia yang terletak di sel-sel tubuhGejala seperti peradangan terjadiJenis reaksi alergi tergantung pada bagian mana dari tubuh kimiatelah dirilisReaksi di dalam usus dapat menyebabkan kram perut atau diareJika reaksiterjadi pada telingahidung atau tenggorokan orang tersebut bisa menghadapi kesulitan bernafas atau bersinJika mempengaruhi sel-sel pada kulit dapat menyebabkan gatal-gatalAda dapat gatalkemerahan dan peradanganObat-obatan yang menghambatpelepasan histamin digunakan untuk mengobati alergi IgE.

Di sisi lainImmunoglobulin G (IgG) antibodi memberikan perlawanan jangka panjang untuk infeksiAntibodi ini membantu infeksi virus dan bakteriPenyebab utama IgG alergi makanan adalah masalah di saluran pencernaanKebanyakan alergi makanan yang IgG di alamAlergi IgG diklasifikasikan sebagai reaksi alergi Jenis-III. Antibodi ini tidak melepaskan histamin dan gejala alergi tertundaKadang-kadang reaksi terjadi bahkan 72jam setelah terpapar antigen.

Alergi IgG tidak memiliki banyak kesamaan dengan alergi klasik lainnya dan ini adalah topik perdebatan di kalangan medisBaik IgG dan antibodi IgE membantu melawanpatogen yang menyerang.


Cara Mengatasi Alergi Makanan Laut

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengatasi jika anda mengalami alergi makanan laut, antara lain adalah sebagai berikut :
  • Jeruk Nipis
Lemon atau jeruk nipis adalah salah satu bahan yang menyembuhkan berbagai jenis alergi makan laut seperti udan dan kerang. Anda dapat menambahkan keruk nipis ini kedalam segelas air hangat untuk mengurangi munculnya ruam kulit pada tubuh anda.
  • Madu
Madu merupakan bahan alam dan memiliki berbagai jenis vitamin yang dapat membantu meringankan gatal-gatal. Anda dapat menambahkan satu sendok makan madu kedlam air hangat.
  • Makanan Kaya Akan Vitamin E
Banyak makanan yang akan kaya terhadap Vitamin E seperti halnya kacang tanah, kacang kering, buah zaitun yang dapat meringankan alergi yang disebabkan oleh udang atau kerang. Vitamin E ini memiliki sifat anti alergen yang dapat menghilangkan alergi pada tubuh anda.
  • Jus Sayuran
Adanya Protein yang terkandung dalam sayuran bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan pada lidah anda. anda dapat membuat jus dari berbagai sayuran yang anda sukai seperti halnya jus wortel.
  • Jahe
Secangkir air jahe hangat juga dapat bermanfaat untuk mengurangi gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi udang atau kerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar