Laman

Selasa, 28 April 2015

Trombositopenia

Trombositopenia

Penyakit Trombositopenia


Apa Itu Penyakit Trombositopenia

Penyakit Trombositopenia adalah istilah medis untuk platelet darah rendah. Platelet (trombosit) merupakan sel-sel darah tidak berwarna yang merupakan bagian penting dalam proses pembekuan darah. Jika trombosit di dalam darah tueun hingga dibawah nilai normal, hal ini disebut dengan trombositopenia. 

Hal ini sering terjadi sebagai akibat dari gangguan yang terpisah seperti leukeumia atau kerusakan sistem kekebalan, atau sebagai efek samping pengobatan. Komplikasi dapat berkisar dari tidak ada pendarahan hingga terjadi pendarahan hebat.

Penyakit Trombositopenia biasanya membaik dengan memperlakukan penyebab. Kadang-kadang obat-obatan atau operasi dapat membantu mengobati trombositopenia kronis. Namun jika terjadi pendarahan parah kemungkinan memerlukan darah atau bahkan transfusi trombosit.

Bagaimana Gejala Klinis Penyakit Trombositopenia

Tanda dan Gejala Penyakit Trombositopenia anatar lain adalah 

  • Mudah atau memar yang berlebihan
  • Pendarahan dari luka yang berkepanjangan
  • Pendarahan spontan
  • Ada darah dalam air seni atau kotoran
  • Menstruasi berat

Cara Perawatan Penyakit Trombositopenia 

Kadang-kadang, pengobatan untuk Penyakit Trombositopenia tidak diperlukan, terutama pada anak-anak. Dalam kasus ini, sumsm tulang dapat menebus kekurangan sel trombosit dengan memproduksi sejumlah besar sel trombosit baru. Trombosit baru ini aktif dalam pembekuan darah. Jadi meskipun jumlah trombosit rendah, anak-anak tidak mengalami masalah pendarahan serta tidak membutuhkan perawatan khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar