Laman

Selasa, 28 April 2015

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Mengenal Penyakit Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Mengenal Penyakit Tekanan Darah Tinggi  (Hipertensi)

Mengenal Penyakit Tekanan Darah Tinggi  (Hipertensi).  Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi adalah suatu peningkatan tekanan darah di dalam arteri. Secara umum, hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa gejala dimana tekanan yang abnormal tinggi di dalam arteri menyebabkan meningkatnya resiko terhadap stroke, aneurisma, gagal jantung, serangan jantung dan kerusakan ginjal.

Mengenal Penyakit Tekanan Darah Tinggi  (Hipertensi) Penyebab terjadinya Hipertensi antara lain

  • Adanya beberapa perubahan pada jantung dan pembuluh darah yang kemungkinan bersama-sama sehingga menyebabkan meningkatnya tekanan darah
  • Kelainan hormonal atau pemakaian obat tertentu (misalnya Pil Kb)
  • Feokromositoma, yaitu tumor pada kelenjar adrenal yang menghasilkan hormon epinefrin (adrenalin) atau norepinefrin (noradrenalin)
  • Faktor kegemukan (Obesitas), agaya hidup yang tidak aktif (malas berolah raga), strees, alkohol atau garam dalam makanan yang berlebihan.
  • Strees cenderung menyebabkan  tekanan darah tinggi untuk sementara waktu. 

 Mengenal Penyakit Tekanan Darah Tinggi  (Hipertensi), Serta Gambaran Klinik Penyakit Tekanan Darah Tinggi  (Hipertensi)

  • Tekanan darah dan jika pada pengukuran pertama memberikan hasil yang tinggi, maka tekanan darah diukur kembali dan kemudian diukur sebanyak 2 kali pada 2 hari berikutnya untuk meyakinkan ada tidaknya hipertensi
  • Hasil pengukuran tekanan darah ini bukan hanya untuk menentukan adanya hipertensi saja tetapi juga digunakan untuk menggolongkan beratnya hipertensi.
Tekanan darah diukur setelah seseorang duduk / berbaring 5 menit. Apabila pertama kali diukur tinggi (140/90 mmHg) maka pengukurannya diulang 2x pada 2 hari berikutnya untuk meyakinkan ada tidaknya hipertensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar